Sharing Session : Penanganan HIV AIDS
Sharing Session : Penanganan HIV AIDS

By Robby Wahidi 30 Okt 2018, 10:22:07 WITA Kegiatan Balai
Sharing Session : Penanganan HIV AIDS

Keterangan Gambar : Sharing Session : Penanganan HIV AIDS


    Dalam melakukan proses rehabilitasi medis di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka banyak hal yang menjadi kebutuhan dari korban penyalahguna narkoba antara lain penanganan keadaan yang menuntut kita untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam penanganannya. Untuk memaksimalkan kegiatan pelayanan rehabilitasi maka diperlukan peningkatan dan penguatan kualitas pegawai dalam memberikan pelayananan terhadap penyalahguna narkoba dibalai rehabilitasi BNN Baddoka. Salah satu kegiatan yang dapat mendukung dalam memaksimalkan kegiatan pelayanan di Balai rehabilitasi BNN Baddoka khususnya di rehabilitasi medis adalah kegiatan Sharing Session yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Sumber Daya Manusia dalam pelayanan Rehabilitasi Medis di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka. Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 29 Oktober 2018 dengan  tema Sharing Session “Penanganan HIV AIDS” yang di bawakan oleh dr. Muhammad Hatta sebagai dokter penanggung jawab pelayanan pada seksi rehabilitasi  medis di Balai rehabilitasi BNN Baddoka dengan peserta sharing session adalah staff di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka. Dokter Muhammad Hatta mengatakan bahwa HIV (Human Immunodeficiency Virus ) adalah virus yang masuk ke dalam tubuh yang menghancurkan sistem kekebalan dan kalau terus memburuk akan menyebabkan kondisi AIDS, yakni hilangnya sistem pertahanan tubuh sehingga semua jenis penyakit bisa dengan mudah masuk dan akhirnya mengakibatkan kematian, virus ini juga hanya menyebar dan bekerja hanya pada tubuh manusia. Sedangkan AIDS (Acquired Immuno deficiency Syndrome) terjadi setelah virus HIV masuk ke dalam tubuh seseorang dan menghancurkan sistem kekebalan tubuhnya. Ketika sistem kekebalan tubuh seseorang sudah rusak, maka tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit penyerta yang biasa disebut IO (Infection Opportunistic) seperti : TBC Diare, Deman,Jamur, Radang Kulit, Paru, Saluran Pencernaan, Otak, dan Kanker.

Pemberian informasi mengenai pencegahan penyakit dan pemberian motivasi untuk menjalankan pola hidup sehat pada korban penyalahgunaan narkoba di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka sangatlah penting agar korban penyalahguna dapat berperilaku hidup bersih dan sehat setelah menjalani pemulihan di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka. Dalam kegiatan Sharing Session ini Dokter Muhammad Hatta menjelaskan bahwa:

  1. HIV dapat ditularkan dengan cara :
  • Melalui hubungan seks tanpa menggunakan  alat pengaman
  • Melalui darah yang sudah terinfeksi  HIV
  • Melalui jarum suntik yang tidak steril terutama kalangan pecandu narkotik
  • Melalui ibu hamil yang positf HIV dapat menularkan pada bayinya
  1. HIV tidak dapat menular dengan cara :

Berjabat tangan, cipika cipiki, Menggunakan alat makan bersama, bersentuhan keringat , mandi dikolam renang bersama, menggunakan WC bersama, gigitan nyamuk

  1. Bisaka kita mengenal ciri ciri orang HIV ?

Kita tidak bisa tahu dengan melihat penampilannya saja, orang yang sudah terinfeksi HIV bisa tampak sangat sehat, sehingga dia dapat menularkan virus yang diidapnya pada orang lain tanpa dia ketahui. Kita tidak bisa tahu siapa yang sudah terinfeksi, karena virus itu bisa baru menampakkan gejala 10 tahun kemudian. Bahkan orang yang sudah terinfeksi tidak tahu bahwa dirinya sudah menjadi pengidap virus AIDS itu.

  1. Bagaimana anda tahu pasti bahwa anda terinfeksi HIV ?

Cara satu- satunya adalah melakukan tes antibodi HIV, yaitu tes darah Khusus. Darah dites untuk mengidentifikasi antibodi HIV.

Dokter Muhammad Hatta juga mengatakan bahwa Pemakai narkoba sangatlah beresiko tertular HIV akibat penggunaan jarum suntik yang berulang – ulang dengan sesama pemakai. Saat kondisi sakauw, pemakai kadang tidak berpikir panjang dan jernih untuk hal apapun, termasuk mensterilkan dan mengganti jarum suntik, sehingga tiap orang yang pakai narkoba kondisinya pasrah saja kalau terinfeksi HIV. Hal ini makin didukung juga sikap solidaritas sesama pemakai dengan menggunakan jarum bersama. Memakai narkoba tidak hanya merusak tubuh dengan zat adiktif, tatapi juga sarana penyebaran penyakit penyakit berbahaya, terutama HIV. Terapi untuk pengidap HIV sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengatasi HIV, terapi obat yang ada hanya dapat memperlambat kerja virus ini, namun tidak dapat menghilangkan HIV dari tubuh. Khasiat atau kinerja dari terapi ini sangat dipengaruhi seberapa awal terapi mulai digunakan oleh pengidap HIV, tetapi terapi ini juga memancing banyak efek samping. Mitos yang salah mengenai HIV adalah tentang anggapan yang salah di masyarakat mengenai penyebaran HIV pada manusia. Walaupun HIV menyebar melalui darah dan cairan tubuh lainnya, namun tidak semua cairan tubuh dapat membawa HIV.

 

 

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment


Time Line INFO BNN


Temukan juga kami di

Ikuti kami di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Penyalah guna Narkoba Lebih Baik Di Rehabilitasi Daripada Dipenjara, Menurut Anda?
  Sangat Setuju
  Kurang Setuju
  Tidak Setuju

Komentar Terakhir

  • Andi Pratama

    Apakah Pembuatan SKBN DI BNN DAERAH GRATIS MOHON INFO ...

    View Article
  • Non woven Indonesia

    semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan di jadikan kegiatan rutin tiap minggu atau bulan, ...

    View Article
  • cetak spanduk jakarta

    Pengawasan serta peran masyakarat lingkungan sekitar sangat di butuhkan dalam pencegahan makin ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video